Tafsir Al-Qur'an Surah Sad Ayat 1

Tafsir Al-Qur'an Surah Sad Ayat 1

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

صۤ ۗوَالْقُرْاٰنِ ذِى الذِّكْرِۗ ﴿١

shād, wal-qur`āni żiż-żikr

Shad, demi Al-Qur'an yang mengandung peringatan.


Tafsir Ibnu Katsir

Tafsir Surah Sad Ayat: 1
*Penjelasan mengenai huruf-huruf hijaiah ini telah disebutkan di dalam permulaan tafsir surat Al-Baqarah dengan keterangan yang sudah cukup hingga tidak perlu diulangi lagi di sini.

*******
Firman Allahﷻ:

وَالْقُرْاٰنِ ذِى الذِّكْرِ
( demi Al-Qur'an yang mempunyai keagungan. ) (Shad, 38:1)

Yakni Al-Qur'an yang mengandung peringatan bagi hamba-hamba-Nya dan manfaat bagi kehidupan mereka di dunia dan di hari kemudian nanti.

*Ad-Dahhak telah mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya, ( dzidz dzikr ) bahwa makna yang dimaksud sama dengan apa yang disebutkan oleh ayat lain melalui firman-Nya:

لَقَدْ اَنْزَلْنَآ اِلَيْكُمْ كِتٰبًا فِيْهِ ذِكْرُكُمْ
( Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. ) (Al-Anbiya, 21:10)

Yaitu peringatan bagi kalian.

*Hal yang sama telah dikatakan oleh Qatadah dan dipilih oleh Ibnu Jarir.

*Ibnu Abbas£, Sa'id ibnu Jubair, Ismail ibnu Abu Khalid, Ibnu Uyaynah, Abu Husain, Abu Saleh, dan As-Saddi telah mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya, ( dzidz dzikr ) bahwa makna yang dimaksud ialah yang mempunyai keagungan, kemuliaan, dan kehormatan.

*Tidak ada pertentangan di antara kedua pendapat tersebut, karena memang sesungguhnya Al-Qur'an itu adalah Kitab yang mulia yang di dalamnya terkandung peringatan, alasan, dan pelajaran.

*Para ulama tafsir berbeda pendapat sehubungan dengan jawab dari qasam-nya; sebagian di antara mereka mengatakan bahwa jawab qasam-nya adalah firman Allahﷻ:

اِنْ كُلٌّ اِلَّا كَذَّبَ الرُّسُلَ فَحَقَّ عِقَابِ
( Semua mereka itu tidak lain hanyalah mendustakan rasul-rasul, maka pastilah (bagi mereka) azab-Ku. ) (Shad, 38:14)

*Menurut pendapat lain, jawab qasam-nya adalah firman Allahﷻ:

اِنَّ ذٰلِكَ لَحَقٌّ تَخَاصُمُ اَهْلِ النَّارِ
( Sesungguhnya yang demikian itu pasti terjadi, (yaitu) pertengkaran penghuni neraka. ) (Shad, 38:64)

*Kedua pendapat ini diriwayatkan oleh Ibnu Jarir, dan pendapat yang kedua ini jauh dari kebenaran, dan dinilai da'if oIeh Ibnu jarir.

*Qatadah mengatakan bahwa jawab qasam-nya ialah: ( Sebenarnya orang-orang kafir itu (berada) dalam kesombongan dan permusuhan yang sengit. ) (Shad, 38:2)

Ibnu Jarir memillih pendapat ini.

*Kemudian Ibnu Jarir meriwayatkan dari sebagian ahli bahasa yang telah mengatakan sehubungan dengan jawab qasam ini, bahwa jawab-nya adalah Shad yang artinya benar lagi hak.

*Menurut pendapat yang lainnya lagi, jawab-nya adalah apa yang terkandung di dalam surat ini secara keseluruhan; hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui.


Tafsir Jalalain  Tafsir Muyassar